Mau Support @gopalenong ?

Iklan !

Namanya Iklan, pasti ada-ada aja dah. Dari sosis, permen, cat, minuman, dll.

Kita mulai dari sosis. Lu tau kan arti daripada sosis? Itu loh yang iklannya jualan sosis. Namanya juga iklan sosis masa iklannya kayu! Tapi iklan sosis di indonesia sungguh JAYUS! Entah kenapa, tukang lipsing iklanin sosis, pemain bola iklanin sosis, tukang bubur yang harusnya iklanin bubur malah iklanin sosis. Kan jayus! Udah gitu, tuh sosis di nyanyiin. Dibikin atraksi, coba bayangin kalo sosis dijadiin jurus “Tendangan sosis Ayam” “Tendangan sosis Sapi”. Kenapa gak sekalian “Tendangan sosis Bapakku” biar bapaknya tau rasanya ketendang sosisnya.

Trus permen. Gue ada dua iklan permen yang sungguh jayus. Pertama iklan relaksya. Permennya wangil. Tapi iklannya jayus! Sungguh jayus! Sampe gue aja benci sama iklan itu. Kronolognya begini :

·         Dua ekor manusia berjenis kelamin (mungkin) berbeda keluar dari suatu tempat
·         Si cewe nanya “wangi apa yang nyeselin?
·         Si cowo hanya berkata “hmmmmm”
·         Si cewe langsung jawab “wangibulin gua lo ya?”
·         Si cowo langsung bingung

Sumpah itu gue liatin si cowonya pasti dalem hati ngomong “apaan sih ni cewe? Dia yang nanya, dia yang jawab. Udah gitu jawabannya garing banget. gak lucu lo!”
Permen ke dua. Permen minzt. Itu juga permen wangi. Permen kunyah juga. Tapi sumpah tuh iklan jayus! Kronologinya :

·         Seorang cowo yang tampangnya maho keluar membawa pensil dan permen.
·         Cowo itu ngomong “ini pensil” sambil nunjukin pensil
·         Dia ngomong lagi “ini permen minzt” sambil nunjukin minzt
·         Dengan oonya dia gigit pensil dan berkata “daripada gigit pensil, mending gigit minzt”
·         Abis itu dia bilang dengan pobianya (pobia : polos-polos biadab) “jangan liat iklannya! Biarin! Yang penting minzt!
·         Lalu suara dari atap keluar “permen enak permen enak”

Dari situ udah ketauan banget jayusnya

Dua kesimpulan yang bisa kita ambil dari sang pemain iklan. Yang pertama, sang pemainnya mungkin pendidikan terakhirnya sd kelas 1. Coba dibuka buku kelas satu bahasa indonesia. Pasti ada “ini budi” sambil nunjukin gambar budi. “ini bapak budi” sambil menunjukin gambar bapaknya budi. “ini orang gila” sambil nunjukin orang di sebelah lu. Sama kaya “ini pensil” dan “ini permen minzt”. Mungkin dia SD suit sama kepala sekolah kalo pengen naik. Bukan dengan test dan lainnya.

Yang kedua, tuh pemain emang gak tau terima kasih. Gak tau apa arti dari susahnya casting. Dengan pobianya, dengan idiotnya, dia bilang “jangan liat iklannya! Biarin! Yang penting minzt!” gue merasa kasian sama sutradara yang udah capek-capek bikin iklan sejayus itu. Meskipun jayus tapi ngertiin sutradara lah. Masa berani-beraninya dia ngomong gitu. Bikin malu aja.

Tapi yang selama ini gue tangkep dari iklan, terutama di indonesia. Sejayus-jayusnya iklan. Tetap pasti ada yang berminat untuk membelinya, meski yang beli ada yang merasa karena memang kualitas dari barang yang diiklankan, atau merasa dia kasihan aja sama warung yang selama ini mereka anggap gak laku-laku mangkannya dia milah milih mana yang enak, lumayan mahal biar tuh warung sedikit seneng. Iklan jayus ternyata menarik perhatian, walaupun di cap sebagai iklan jayus, tetap saja tak akan lupa dari ingatan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Tempat Tinggal

My First Girlfriend


Perjuangan pencarian si @gopalenong dalam mendapatkan pacar pertamanya.

Entri Populer